Mengenal dan bersahabat dengan Nuklir melalui BAPETEN, adakah kekhawatiran terhadap Nuklir? Kadang kita bertanya apakah Nuklir itu? “Nuklir” adalah hasil dari suatu rangkaian proses reaksi kimia yang akan menghasilkan suatu energi dalam inti atom, melalui suatu proses reaksi tersebutlah yang akan dikenal sebagai reaksi fusi dan fisi. Sehingga seberapa pentingnya fungsi Nuklir ini dalam kehidupan dimasyarakat?

Sebelum saya mengenal instalasi pemerintah BAPETEN mungkin di benak saya yang terbayang hanyalah ledakan suatu bom yang besar dan sangat dahsyat sehingga kekuatan ledaknya sampai menghancurkan seluruh kota Nagasaki dan Hiroshima dinegara Jepang. Begitu dahsyatnya ledakan tersebut dengan teknologi nuklir yang telah kita ketahui sejak adanya bom yang diledakkan di kota Nagasaki dan Kota Hiroshima akibat ledakan tersebut banyak membunuh kehidupan. Maka sejak saat ledakan nuklir tersebut maka disebut BOM ATOM karena itu seluruh negara-negara di dunia mengecam keras atas penggunaan nuklir yang tidak berizin dan terkendali sehingga akhirnya untuk penggunaan nuklir tersebut dilarang bagi kehidupan masyarakat.

Namun sesungguhnya ada hikmat dan terpendam banyak sekali manfaat nuklir bagi kehidupan hanya saja ini belum bisa dipahami sehingga belum bisa diterima manfaat yang baik bagi kehidupan. Dampak manfaat dari teknologi nuklir yang dikendalikan sejak peristiwa tersebut dan dampak penggunaan teknologi nuklir yang semakin lama semakin berkembang dan sayang apabila tidak segera di manfaatkan hasilnya.

Salah satu manfaat yang langsung bisa dirasakan oleh manusia sampai saat ini dimana telah ada beberapa negara yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir “PLTU” dimana PLTU tersebut sampai dengan hari ini dapat berfungsi dan tenaga PLTU tersebut di hasilkan dari energi nuklir yang menjadi lebih hemat dibandingkan dengan pembangkit tenaga Listrik lainnya. Dampak lain yang dihasilkan oleh energi nuklir akan habis jika bahan kimia untuk pembuatannya terjadi kebocoran atau secara sengaja di hentikan proses energinya. Dalam hal ini proses penghentian energi nuklir dapat dilihat melalui suatu teknologi nuklir di PLTN atau melalui peralatan yang menggunakan sistem tenaga nuklir proses tersebut hampir sama dengan cara di-shutdown yaitu tidak adanya aliran listrik untuk operasi peralatannya.

Ada beberapa macam lagi teknologi yang dihasilkan melalui teknologi nuklir diantaranya adalah untuk:

🔹️ Dibidang Pertanian, teknologi yang telah dihasilkan oleh teknologi nuklir dibidang pertanian antara lainnya adalah suatu teknologi dimana bibit tanaman menjadi lebih unggul dan lebih cepat tumbuh dan berkembang, dan memperlambat pembusukan pada tanaman sayur dan buah sehingga saat di ekspor untuk sayur dan buah tersebut tidak menjadi cepat layu dan kering. Selain itu bisa untuk varietas baru pada tanaman dimana bibit yang nantinya akan diseleksi dan dihilangkan zat yang mendatangkan hama pada tanaman.

🔹️ Dibidang Kesehatan, teknologi yang telah dihasilkan oleh teknologi nuklir dibidang kesehatan antara lainnya adalah suatu teknologi yang akan banyak membantu para dokter yang memang sangat membutuhkan misalnya saya pemanfaatan sinar X-Ray, CT-Scan, alat-alat rontgen dan masih banyak lagi dan teknologi ini sendiri biasanya di kenal dengan nama kedokteran nuklir.

🔹️Dibidang Industri, teknologi yang telah dihasilkan oleh teknologi nuklir dibidang industri antara lainnya adalah suatu teknologi nuklir ini digunakan untuk mengeksplorasi antara minyak dan gas. Selain itu dapat pula digunakan untuk tau cara pengukuran kepadatan, kedalaman tanah, mengukur kepadatan batuan hingga kedalaman lempengan bumi.

🔹️Dibidang Lingkungan, teknologi yang telah dihasilkan oleh teknologi nuklir dibidang lingkungan antara lainnya adalah suatu teknologi nuklir ini digunakan untuk pemakaian radioistop untuk hidrologi yang juga sangat memungkinkan eksplorasi air tanah di daerah yang mengalami kekeringan dengan teknik Analisis Aktivasi Neutron bisa untuk menguji kelayakan kadar air yang dibawah permukaan tanah atau bisa juga dengan cara pengeboran air tanah.

BATAN DAN BAPETEN

Ada 2 instalasi pemerintah sebagai lembaga penelitian sekaligus lembaga pengembangan yang menangani masalah teknologi nuklir di Indonesia ke dua lembaga ini awalnya menang satu atap namun lama kelamaan akhirnya ke dua lembaga ini berdiri sendiri artinya BAPETEN sebagai lembaga pengawas teknologi nuklir dan awalnya dulu bernama Biro Pengawasan Tenaga Atom (BPTA) ini berada dibawah langsung Kementrian Pengembangan Teknologi dan Riset. Dan mengacu pada Undang-undang No.10 tahun 1997 tentang Ketenagaan Nuklir BPTA kini berubah menjadi BAPETEN memisahkan diri dati BATAN.

Dalam hal ini BAPETEN bertugas juga untuk menangani perizinan dan juga mengawasi instansi pemerintah hingga instalasi swasta yang juga bergerak memanfaatkan teknologi tenaga nuklir. Tidak hanya sebagai pengawas pemanfaatan teknologi tenaga nuklir BAPETEN juga sangat berperan aktif dalam menjaga serta terus menerus akan mengawasi keselamatan dan keamanan tenaga teknologi nuklir ada di Indonesia. Hal ini juga di sebabkan oleh semakin banyak dan terus berkembangnya pemanfaatan teknologi nuklir yang dirasakan manfaatnya dan diterima oleh masyarakat Indonesia bagi kehidupan masyarakat sehari-hari.

Baru-baru ini saja BAPETEN juga menerima tugas khusus untuk bisa mengawasi perhelatan Asian Games 2018 dan BAPETEN juga bekerjasama dengan kesatuan keamanan nasional untuk mempersiapkan personil dan peralatan untuk memantau jalannya perhelatan Asian Games 2018 untuk menciptakan rasa aman bagi para masyarakat umum dan warga dunia khususnya para atlit yang ikut serta bertanding selama acara berlangsung di Indonesia sehingga sampai acara selesai pun aman terkendali.

Kesiapan BAPETEN Di Asean Games 2018

Kesiapan BAPETAN di Asean Games

Teman-teman yang masih penasaran mengenai BAPETEN bisa klik link ini
https://www.bapeten.go.id

#mengenalbapeten #ayobatan #BAPETEN #BATAN #TeknologiNuklir #Radiasi #Nuklir #Atom #PLTN #BahayaNuklir #ManfaatNuklir #MengenalBAPETEN #Teknologi #MengenalBATAM