Anak-anak sangat rentan terkena masalah pada gigi, apalagi anak-anak cendrung mengkonsumsi makanan yang manis dan kadang lulai untuk menggosok gigi. Ada baiknya bila sejak dini anak-anak kita sebaiknya sudah di kenalkan bagaimana cara melakukan perawat gigi mereka.

Saat ini masalah kesehatan gigi merupakan hal penting yang harus diperhatikan baik oleh orang tua maupun oleh anak-anak. Sayangnya, sudah banyak orang yang juga belum menyadari betapa pentingnya untuk merawat kesehatan gigi. Parahnya lagi, banyak diantara para orang tua yang mengabaikan masalah kesehatan gigi anak-anaknya sehingga kerusakan pada gigi anak tak lagi bisa dicegah.

Untuk dapat mencegah kerusakan gigi pada anak memang sangat sulit dan ini merupakan masalah besar yang juga sering di alami oleh sebagian besar para orang tua. Oleh karena itu sebagai orang tua kita harus bisa membujuk dan ajaklah anak untuk melalukan berbagai kegiatan perawatan gigi. Mulailah dengan cara yang paling sederhana yaitu mengajak anak untuk menggosok gigi minimal 2x sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Tak jarang bahkan seringkali anak-anak akan menolak untuk menyikat gigi dan sangat gemar mengkonsumsi makanan manis. Lalu apa yang saja yang seharusnya dilakukan orangtua agar gigi anak tetap bersih dan sehat agar anak dapat terhindar dari masalah kesehatan giginya.

Untuk bisa mengetahi apabila anak anda mengalami kerusakan gigi bisa menular ini bisa di percaya atau tidak, akibat dari kerusakan gigi ini merupakan sebuah gejala ‘penyakit menular’. Dimana gejala kerusakan gigi pada umumnya disebabkan oleh berbagai bakteri yang memakan gula hingga menimbulkan zat asam yang bersifat korosif. Bakteri tersebut tak ada pada bayi, namun bisa ditularkan dari orang dewasa. Bisa saja di tularkan melalui orang tuanya yaitu lewat ibu atau ayah yang tanpa di sadari saat orang tua mencium bayi atau menggunakan alat makan sama biasanya menjadi penular bakteri yang tanpa disadari.

Pentingnya Kesehatan Gigi Anak

Kerusakan gigi pada anak umumnya tidak di ketahui dan kebanyakan dari para orang tua berfikir jika gigi anak itu adalah gigi susu yang akan tanggal dan diganti dengan gigi baru sehingga tak perlu risau jika gigi susu rusak. Padahal, gigi pada anak ini masih loch memerlukan gigi susu anak selama beberapa tahun kedepan.

Gigi berfungsi untuk bisa mengunyah makanan, apabila terjadi kerusakan gigi susu pada anak, ada beberapa masalah sebagai berikut :

1. Dimana Gigi permanen tak bisa lagi tumbuh secara lurus.
2. Kurangnya ruang untuk tumbuh gigi permanen sehingga bentuk gigi nantinya tak rapi.
3. Timbul rasa menyakitkan pada gigi, misalnya saja saat akan mengunyah makanan keras atau akibat dari gigi berlubang.

Cara Mengatasi Gigi Rusak

Hal ini mungkin tidak ingin menimpa pada anak-anak kita bukan. Lalu bagaimana cara kita sebagai orang tua untuk bisa mengatasi gigi rusak secara alami. Apabila ada gigi rusak pada anak sebenarnya sangat mudah diatasi, bahkan meski hanya dengan menggunakan bahan alami. Berikut beberapa bahan-bahan alami yang bisa ldigunakan untuk mengatasi gejala kerusakan dan sakit gigi di antaranya adalah dengan:

1. Biji-Bijian
Ada beberapa alternatif lain untuk mengatasi kerusakan gigi adalah biji-bjian. Biji-bijian ini akan mampu meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh sehingga membantu memperkuat email gigi. Jika email gigi kuat, maka asam yang dihasilkan bakteri akan sulit menembus lapisan gigi.

2. Buah dan Sayur
Buah dan sayur juga sangat penting dikonsumsi untuk menambah asupan kalsium tubuh. Jenis buah dan sayur yang dianjurkan adalah apel, pisang dan kacang polong. Perlu diingat jika anak anda harus mengkonsumsi sayur dan buah berkualitas jika ingin mendapat manfaat yang maksimal.

3. Minyak Kelapa
Minyak kelapa memiliki kandungan yang mampu melawan bakteri strepcocconus mutan, yakni bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi. Caranya cukup mudah, yakni dengan berkumur menggunakan minyak kelapa murni hingga air liur berwarna putih susu. Setelahnya, ajarkan anak untuk berkumur air hingga bersih.

Namun, perlu diingat ya, cara ini hanya berlaku bagi anak yang sudah menginjak usia sekolah. Pasalnya, Anak perlu memahami terlebih dahulu cara berkumur dengan benar agar minyak kelapa tak tertelan.

Nah semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi pembaca di bloge dan berguna bagi kesehatan gigi pada anda dan anak anda. Karena senyum anak Indonesia adalah masa depan bangsa ini.

#gigi #kesehatangigi #perawatangigi #masalahgigi #gosokgigi