Hari ini berlangsung Workshop Produksi dan Diseminasi terhadap Konten Kreatif Hankam yang berlangsung pada tanggal 21 Mei 2019 di Ruang Apung Perpustakaan Universitas Indonesia Depok Jawa Barat.

Pada pagi hari ini acara di buka oleh Ibu Dewi Rahmarini sebagai Kepala Seksi Produksi Konten dan Diseminasi Informasi Polhukam Kominfo. Beliau mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan hari ini bertujuan untuk mencapai tujuan untuk bisa memperkenalkan semua informasi yang benar kepada warga masyarakat, sehingga apa yang akan di sampaikan nantinya menjadi sumber informasi yang benar.

TUGAS DAN FUNGSI KEMENKO POLHUKAM

Lebih lanjut di terangkan oleh nara sumber menurut Bapak.Kol Beben Nurpadillah Kabid Media Massa Deputi 7 KemenkoPulhukam untuk Tugas dan Fungsi Kemenko Pulhukam adalah sebagai berikut:

Tugas KEMENKO POLHUKAM ini adalah menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian urusan Kementrian dalam penyelenggaraan pemerintah di bidang politik, hukum dan keamanan.

Fungsi KEMENK POLHUKAM 1.Koordinasi dan sinkronisasi perumusan penetapan, pelaksanaan kebijakan kementrian/ Lembaga yang terkait dengan isu di bidang politik hukum dan keamanan

2.Pengendalian pelaksanaan kebijakan kementrian/Lembaga yang terkait dengan isu dibidang politik, hukum dan keamanan.

3.Koordinasi pelaksanaan, tugas, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur-unsur organisasi di lingkungan kementrian Koordinator Bidang Politik, hukum dan keamanan.

KETAHANAN NASIONAL INDONESIA

Nah menurut aku sebagai orang awam dan sudut pandang dari new blogger dalam hal ini untuk bisa mengatasi suatu masalah dalam Pertahanan dan Keamanan negara Indonesia maka diharapkan bagi warga masyarakat Indonesia, dimana kondisi dinamika bangsa Indonesia sendiri akan lebih meliputi segenap aspek kehidupan dalam bermasyarakat. Dalam hal ini pada kehidupan masyarakat nasional yang sangat berintegrasi, akan berisi keuletan dan ketangguhan serta memiliki tingkat kemampuan dan memiliki pengembangan segi persatuan dan kekuatan nasional.

Dalam hal ini masyarakat Indonesia sudah terlindungi dan bisa mengatasi serta menyingkapi segala sesuatu mungkin akan menjadi suatu ancaman bagi negara Indonesia. Dimana diharapkan masyarakat sudah siap dalam hal menghadapi dan mengatasi segala tantangan, ancaman hambatan dan gangguan baik yang datang dari luar maupun dari dalam.

Untuk menjamin identitas, integritas kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan mencapai tujuan nasionalnya. Konsepsi dari ketahanan nasional Indonesia adalah konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang serasi dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh haruslah berlandaskan pada Pancasila dan UUD 45 agar Pertahanan dan Keamanan suatu bangsa akan terjaga seutuhnya.

Jadi di harapakan agar nanti para masyarakat Indonesia mampu untuk menyikapi pengertiannya Wawasan Nusantara Indonesia, dan untuk bisa mencapai suatu tujuan dan juga cara pandang bagi Indonesia untuk mawas diri terhadap kelangsungan hidupnya. Karena wilayah suatu bangsa dapat hidup dan bertekad kuat serta mendamaikan kondisi lingkungan dimasyarakat sekitarnya.

Indonesia adalah Negara kesatuan yang berupa negara kepulauan dan memang memiliki banyak berbagai pulau-pulau, dan untuk memenuhi kebutuhan suatu wilayah atau suatu bangsa agar bisa ditempati oleh para masyarakat dan pusat pemerintahan.

Dengan adanya pengertian, pengetahuan terhadap Wawasan Nusantara yang dimiliki masyarakat Indonesia di harapkan akan mampu menjaga dan mengawal negara Indonesia dari segala ancaman yang akan terjadi baik dari luar maupun dari dalam. Sehingga Pertahanan dan Keamanan negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan dengan banyaknya pulau-pulau dan di batasi oleh daratan akan tetap bersatu dengan tidak memandang luas dan lebarnya Negara Indonesia ini adalah milik kepulauan NKRI.