Saat ini waktu sudah mulai mendekati Ujian Nasional, aku harus merubah pola belajarku agar lebih nyaman dan tidak mudah membuat bosan. Mengapa demikian? Karena aku merasa selama ini cara belajarku kurang efektif, aku masih suka menggunakan sistem kebut semalam ketika besok akan diadakan Try out.
Aku menceritakan masalahku ini kepada kakakku. Lalu ia menasehati bahwa aku dapat melakukan beberapa tips belajar efektif di bawah ini.
1. Membuat rangkuman materi yang ringkas namun rinci
2. Sering mengerjakan soal sesuai materi yang mash merasa kurang pham
3. Membahas soal secara rinci
4. Belajar dengan teman-teman
5. Terakhir, pastinya membuat suasana belajar yang nyaman dan tidak membuat jenuh
Mungkin saran nomer 1 dan 2 bisa aku lakukan karena memang aku terbiasa membuat rangkuman dan mengerjakan soal dari buku-buku yang aku beli untuk persiapan ujian. Namun di saran ke 3, 4, 5 aku masih bingung, karena terkadang aku masih membutuhkan seseorang yang dapat menjelaskan kepadaku atas apa yang telah aku kerjakan baik benar atau salah. Misalnya kalau benar aku ingin diberi cara yang lebih cepat dan efisien dalam menjawab, atau jika salah aku mendapat penjelasan yang rinci bagaimana cara menjawab yang benar.
Sedangkan saran poin ke 4, aku sulit menemukan teman belajar yang cocok. Aku sudah mencoba beberapa kali belajar bersama, namun yang terjadi bukan lah belajar namun hanya mengobrol dan bercanda sepanjang belajar. Memang ketika belajar bersama, kita dapat bertukar pikiran saat menjawab soal dengan teman, namun keefektifannya sangat kurang karena hal lain.
Saran nomor 5 juga masih sulit aku dapatkan, karena aku sering merasa bosan padahal baru berapa lama aku belajar. Aku bosan karena cara belajarku begitu-begitu saja. Aku mengikuti bimbel di luar sekolah, namun aku kadang malas untuk berangkat karena jaraknya yang masih jauh dari sekolah dan rumahku.

Aku tidak bisa lepas dari handphoneku, padahal aku berjanji untuk mengurangi bermain handphone. Tapi suatu ketika aku menemukan solusi atas semuanya lewat handphoneku. Ini selanjutnya menjadi tips belajar efektif untukku.
Awalnya, temanku menulis di instastory nya kalau dia sedang belajar di aplikasi Ruangguru. Lalu aku penasaran apa itu, aku pun mencari informasinya dan ternyata aku tertarik. Karena semua masalahku bisa ku atasi disana, seperti:
1. Pembahasan soal yang rinci
Disana terdapat Ruangbelajar dimana di dalamnya terdapat penjelasan materi yang rinci dengan metode infografis, dan selain itu ada fitur Ruanguji yang didalamnya terdapat bank soal serta Try out gratis dan setelah mengerjakan itu kita langsung dapat mengetahui hasil yang kita kerjakan dan pembahasan soalnya juga.
2. Grup chat belajar
Terdapat pula Digitalbootcamp, dimana didalamnya terdapat grup chat untuk belajar mata pelajaran tertentu dengan materi tertentu, selain itu grup chat ini dibimbing oleh tutor yang berpengalaman .
3. Belajar dimana saja dan kapan saja
Ketika aku berlangganan aplikasi ini lalu aku belajar menggunakan aplikasi ini, maka aku dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Tidak perlu berangkat ke bimbel lagi untuk belajar, konsul atau Try out, karena semuanya sudah bisa aku lakukan di aplikasi ini.

Setelah mencari informasi yang rinci aku membicarakannya kepada kakak dan orang tuaku. Bersyukur mereka menyetujuinya untuk aku mengikuti bimbel online di Ruangguru dan meninggalkan bimbel konvensional. Memang Ruangguru adalah solusi bagi pelajar yang mencari tips belajar efektif masa kini.

https://ruangguru.com/belajar