Teman-teman mau tau keseruaan acara Erlangga Talent Week (ETW) 2019. Kali ini kembali hadir setelah sukses tahun 2018 lalu kalian masih ingatkan seru. Tahun ini 2019 kembali penerbit Erlangga menggelar acara serupa seperti tahun lalu Erlangga Talent Week 2019 sendiri yang merupakan ajang berbagai informasi mengenai berbagai macam aktivitas seperti ajang bakat perlombaan, unjuk bakat, hiburan, kreativitas, serta ada beberapa stand pameran buku bagi pendidikan/referensi belajar/literasi bagi siswa- siswi, serta bagi guru, dan para orang tua hingga masyarakat umum lainnya.

Road to Erlangga Talent Week 2019 sebenarnya sudah berlangsung mulai tanggal 1-4 Oktober 2019 area di Main Atrium Lotte Shopping Avenue dan pada tangga 5-6 Oktober 2019 kali ini merupakan puncak acara, berlangsung Ciputra Artpreneur Theater lantai dasar dan lantai 12. Penerbit Erlangga berkolaborasi dengan mitra utamanya yakni Solidaritas Erlangga (SOGA).

Sehingga di harapkan dengan adanya acara ini Erlangga Talent Week 2019 ini sangat di harapkan akan memberikan banyak manfaat baik bagi perusahaan, di antaranya semakin luasnya jaringan rekanan Erlangga. Serta diharapkan akan semakin banyak munculnya para penulis-penulis muda sehingga dapat berkesempatan agar tulisan mereka juga bisa terbitkan oleh pihak Erlangga.


Khusus di tahun 2019 ini, penerbit Erlangga Talent Week akan lebih memfokuskan pada peningkatan jumlah dari partisipan baik lomba, sponsor, juga media partner sehingga diharapkan acara ini bisa berjalan setiap tahunnya.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk terus bisa memajukan dan mendukung bakat-bakat/talenta generasi muda khususnya anak-anak muda Indonesia, acara ini juga sebagai wadah ajang pengembangan bakat dan kreatifitas geenrasi muda. Untuk bisa terus meningkatkan semangat berkarya dan bersaing secara sehat, juga bertujuan bisa menyatukan anak-anak muda dalam persatuan dan kesatuan bagi kemajuan Indonesia.

Sementara itu, di lokasi juga ada banyak stand-stand yang menawarkan berbagai aktivitas yang berlangsung dalam Erlangga Talent Week 2019 diantaranya adalah ada berbagai kegiatan seperti:
– Contest/lomba
– Entertainment
– Exhibition
– Talkshow
– Pameran Buku
– Art Galleri

Acara-acara tersebut di ikuti oleh kalangan pelajar dan juga di hadiri oleh masyarakat umum bukan hanya anak-anak bahkan orang dewasa pun bisa ikut berpartisipasi disemua stand yang ada jadi acaranya sangat ramai sekali.


SIAPA SIH PENULIS ACHI TM

Selain itu di Erlangga Talent Week 2019 ini aku bersama dengan beberapa teman blogger dan kepingin banget bisa menambah wawasan dan penasaran banget sama acara ini. Nah aku tuh pergi ke event tersebut dan memilih tanggal 5 Oktober 2019, kenapa? Nih aku kasih bocoran karena di Erlangga Talent Week 2019 ini akan diadakan acara Talkshow dan yang menjadi narasumbernya adalah mba Achi TM.

Pada kesempatan kali ini mba Achi akan berbagi pengalaman seputar awal mula beliau bisa mengirimkan draf naskah bukunya hingga bisa di terbit. Teman-teman pastinya udh penasaran gimana lika liku perjalanan mba Achi hingga bisa menghasilkan 32 buah karya hingga saat ini.

Pada tahun 2012 Mba Achi mulai mencoba memasukkan naskah bukunya melalui penerbit Erlangga di salah satu acara Islamic Book Fair karena pada saat itu ada open book bursa naskah dan menurut beliau pertama kali bertemu dengan Bapak Andika dan Ibu Fitri.

Melalui proses yang panjang akhirnya setelah melalui berbagai macam revisi dan edit mengedit akhirnya Mba Achi bia pecah telor bagi naskah bukunya bisa terbit tahun 2013 di Penerbit Erlangga dan Novel pertamaanya berjudul “Eva Ustazah Cinta” kenangnya.


Menurut mba Achi memang tidak mudah proses yang dilaluinya karena time editor yang selalu menanyakan naskah buku sudah di edit atau belum, progresnya sampai tapi inilah yang memacunya memberikan motivasi agar segera menyelesaikan naskha bukunya. Walaupun ada drama edit megedit mba Achi ngga pernah patah semangat, dan dengan teguran editor malah itulah yang menjadikan suatu motivasi untuk segera menyelseilan naskah bukunya.


Untuk proses satu buah naskah buka agar bisa naik menjadi sebuah buku dan di terbitkan oleh penerbit paling lam sekitar 1 tahun dan paljng cepat biasanya 6 bulan. Ya itu tadi karena adanya proses edit layout yang panjang. Tapi menurut mba Achi proses editing yg panjang terbayar sudah dengan menerima royelty.


Pertama menerima royaltynya sempet bingung, royalty yang di terima kok bisa banyak yaaaa maslahnya buku yang di terbitkan 2 bulan sudah tidak ada di toko buku. Inilah rahasia besar kenapa Penerbit Erlangga bisa memasarkan buku dengan sukses. Bukan hanya di distribusikan ke toko-toko buku aja loch tapi juga merambah langsung ke masyarkat pembaca, mahasiswa, sekolah sehingga buku yang sudah di terbitkan bisa laku keras. Keren dech penerbit Erlangga puji mba Achi.


Karena banyaknya peminat akan bukunya itu maka pada tahun 2018 lisensi Eva Ustazah Cinta kemudian di beli oleh MD Picture. Sebanyak 32 buku yg sudah ditulis dan di terbitkan bukan hanya oleh penerbit Erlangga aja loch tapi juga dari berbagai penerbit, ada 4 penerbit salah satunya adalah penerbit Airlangga.

Jadi buat kalian yang suka menulis dan sudah punya naskah buku jangan ragu untuk memulai menawarkan kepada penerbit buku manapun karena kalo kita ngga mencobanya maka kita ngga akan tau apakah naskah buku kita ini sudah layak belum di terbitkan dan sudah bisa belum di terima oleh masyarakat umum. Jadi intinya jangan mudah menyerah dan putus asa di mana bila mengalami proses kegagalan biasanya akan menjadi guru yang baik. Nah teman-teman selamat mencoba ya.