Bangunan ini baru mulai dibangun sekitar tahun 2005-2007 saya ingat bener bahwa cuma seorang arsitek pinjaman dari projek JaCC kalo sekarang terkenal nya Thamrin City.waktu itu saya hanya diperbantu sebagai time Gedung BCA Wisma Asia II tapi karena target pengecoran pondasi sukses mak time ini bisa jadi bagian dari proyek dalam pembangunan BCA Wisma Asia II Slipi.

Spesifikasi Bangunan Nama Gedung BCA Wisma Asia II Owner PT Bank Central Asia Kontraoktor PT. MULTIKON Konsultan PT.Nusapratama Dwhikarisma

Proyek ini memang dipegang oleh owner tunggal dan ownernya adalah PT.Bank Central Asua Tbk bangunan ini berfungsi sebagai kantor pusat BCA. Alamat di Jl. Tali Raya Sipi Jakarta Barat, (posisinya persisi dibelakang bangunan gedung lama BCA Wisama 1).Bangunan ini juga didesain dan berfungsi sebagai bangunan perkantor, Kafetaria, Parkir serta ruang serbaguna dan ruang serbaguna dimana bangunan ini sendiri terdiri dari: a. 1 lantai basement b. 18 lantai tower (office) c. 4 lantai parkir d. Roof d. 6 lift pesengger e. 1 lift barang

Karena BCA didesain sebagai bangunan yang mempunyai fungsi sebagai alat untuk menyimpan dan memfasilitasi aset-ase t nasabahnya maka dibangun ini ada suatu ruangan yang didesain untuk tahan api dan gempa. Selain itu didalam bangunan ini juga ada suatu ruangan yang dibuat dengan teknologi yang mutakhir dimana sistem mekanikal dan elektrikalnya menjadi satu kesatuan yang menunjang bangunan ini. Sebab suatu bangunan nadinya ada disistem Mekanikal dan Elektrikal sedangkan dalam desainya hanya untuk akan menampilkan bentuk jadi serta akan kenyamanan pengguna gedung ini nanti nya. Karena ini bangunan perkantoran khususnya perbankan ada ruangan yang dikhususkan menyimpan aset berharga dari segi struktur sendiri tebal keliling dinding beton ini luar berdimensi 50×50 cm. Gunanya untuk menjaga aset yang ada didlm ruangan itu menjadi aman.

Bangunan ini memiliki dinding core yang berada ditengah artinya dinding core ini dibuat sebagai tumpuan kekuatan inti dari bagunan tersebut adapun isi dari dinding core ini antara lain pit lift, ruang pantri, toilet,shaft plambing (Mekanikal) yang isinya untuk utilitas pipa air bersih dan kotor shaft Elektikal yang didalam shaft tersebut berisis kabel-kabel untuk sistem gedung ini.

Fasade atau kulit bangunan bangunan ini menggunakan kaca dan almunium serta beberapa bangunan menggunakan dinding masif. Untuk plafon pada area public atau lobby entrances juga menggunakan gipsum board yang didesain khusus agar bisa menarik pengunjung sedangkan untuk area kerja atau staf dipakai ceailing plafon knaof dengan ukuran 60×120 cm untuk per modelnya.

P1 samapai P4 kami menyebutnya untuk are P =Parkir 1=lantai jadi P1 sampai dengan P4 artinya dipakai untuk parkir karyawan. Dan dibawah parkiran ada lantai Basement dimana diarea tersebut dipakai untuk ruang kantin karyawan dan ruang tunggu sopir.

Sedangkan pada atap gedung ini difungsi kan sebagai tempat tangki air dan ruang mesin lift serta beberapa pemancar yang berfungsi untuk penguat sinyal dan bebe rapa jalur kabel tray untuk sistem data. Diatap ini tempat favorit time wisma Asia II melakukan refresing karena disekeling BCA ini juga banyak gedung gedung tinggi lainnya seperti Hotel Peninsula, Slipi Jaya dan BCA Wisma Asia I yang persis didepannya.

Setelah 10 tahun berdiri ingin rasanya kembali mengenangnya tapi ga akan mungkin sembarangan orang dapat masuk kedalam gedung ini,entah berapa banyak orang yang sudah berganti kerja dan posisi digedung ini. Y ang perlu diingat tanpa time kami yang dengan susah payah mengejar target dari seluas tanah lapang hingga menjadi sebuah bamgunan 19 lantai yang berdiri kokoh tidaklah berarti kami tidak ingin diingat tapi pastinya kami akan mengingatnya bangunan yang kami desain, ga perduli hujan bahkan debu-debu yang sangat membuat nafas sesak ga peduli kami harus berpanas-panas saat atap belum selesai hembuasn angin saat fasade fasade bangunan belum dipasang semua tiada henti semangat buat bamgunan ini berdiri siang malam agar para penghuni nya akan nyaman saat menempatinya.

#BCAWISMAASIAII #TaliRaya #Konsultan #Struktur #Desain #BankBCA #Slipi #JakartaBarat #19Lantai #Fasade #Mekanikal #Nyaman #Elektrikal #Properti #Bangunan #Sejuk #Rapi #Indah #BahagaiItuSederhana